Macam-macam Injeksi Bahan Bakar
Halo sobat gimana kabarnya?
Kali ini kita akan membahas jenis-jenis dari injeksi bahan bakar
1. Berdasarkan Lokasi Injeksi
a.TBI ( Throttle Body Injection)
Pada tipe ini injektor berada di throtel body/venturi dengan jumlah injektor satu. Sistem ini disebut juga dengan monoinjection. Sistem ini merupakan konsep awal dari sistem injeksi pada motor bensin
Kali ini kita akan membahas jenis-jenis dari injeksi bahan bakar
1. Berdasarkan Lokasi Injeksi
a.TBI ( Throttle Body Injection)
Pada tipe ini injektor berada di throtel body/venturi dengan jumlah injektor satu. Sistem ini disebut juga dengan monoinjection. Sistem ini merupakan konsep awal dari sistem injeksi pada motor bensin
b. MPI (Multi Point Injection)
Pada tipe ini injektor dipasang pada intake manifold mengarah kekatup masuk, jumlah injektor sama dengan jumlah silinder, pada saat ini hampir semua sistem injeksi menggunakan konsep MPI
c. GDI ( Gasoline Direct Injection)
Pada tipe ini injektor dipasang dikepala silinder , injektor menyemprot keruang bakar dan banyak injektor sejumlah silinder
d. GII (Gasoline Indirect Injection)
sistemnya hampir sama dengan GDI yang membedakan adalah injector berada sebelum intake valve
2. Berdasarkan Sistem Kontrolnya
a. Kontrol mekanik Atau K-jetronik
Merupakan sistem injeksi dengan pengontrolan secara mekanis, huruf K berasal dari kata"Kontinuierlich" yang artinya terus menerus, pada sistem ini injektor menyemprotkan bahan bakar secara terus menerus dalam seriap saluran masuk silinder, pengontrolan jumlah bahan bakar dilakukan oleh plunyer yang terletak didistributor bahan bakar dan pengontrolan udara dilakukan oleh air flow sensor
b. Kontrol Elektronil/EFI dapat dibagi lagi menjadi 2 yaitu :
b1. Tipe L-jetronik
kode L adalah Luft=udara, kontrol injeksi dilakukan secara elektronik oleh ECU berdasarkan jumlah udara yang masuk, Sensor untuk mengukur jumlah udara masuk ke silinder adalah Air Flow Meter
b2, Tipe D-jetronik
kode D adalah drunk=tekanan, kontrol injeksi dilakukan ECU dengan mengukur kevakuman didalam intake manifold dan volume udara dan yang disensor adalah kerapatan udaranya
Komentar
Posting Komentar